Selasa, 22 November 2011

LATAR BELAKANG LAGU “ONE” ( METALLICA )



Liriknya diambil dari novel Johnny Got His Gun oleh Dalton Trumbo, tentang Perang Dunia 1. Lagunya mengisahkan tentang seorang prajurit  di medan perang yg terkena mortar di wajahnya. Ia tak bisa mendengar, melihat, membaui, merasakan, dan ia tidak memiliki lengan ataupun kaki. Ia koma di RS, ia merefleksikan kehidupannya dan segala sesuatu yg di katakan oleh sang ayah. Akhirnya , para dokter khawatir karena ia kejang-kejang sepanjang waktu, di sisi lain tak tampak akan meninggal. Mereka memenggil jenderalnya, dan sang jenderal tak bisa menafsirkannya. Namun, prajurit yg bersama jenderal itu mengetaahuinya. “Ini kode morse” katanya. Jenderal bertanya apa yg dikataannya dan sang prajurit menatapnya sebentar lalu berucap, “He is saying K-I-L-L- M-E over and over again.”
 
Berikut petikan beberapa liriknya:

·         Now that the war is through with me, I’m waking up I cannot see

Joe Bonham adalah seorang tentara yg kehilangan kaki, tangan, dan wajahnya (mata,hidung,mulut,dan telinga) pada perang akibat ledakan ranjau. Namun, ia tetap hidup dan memiliki otak yg berfungsi dg baik, menjadikan tubuhnya ibarat sayur hidup.

·         Hold my breath as I wish for death

Joe pernah mencoba bunuh diri dg menahan napasnya, tapi gagal karena ia dipasangi alat bantu pernapasan.

·         Fed through the tube that sticks in me

Karena tak memiliki mulut, Joe di beri makanan dengan menggunakan selang infuse.

·         Tied to machines that make me be

Joe terikat mesin-mesin: alat bantu pernapasan, infuse, dan sebagainya supaya dapat bertahan hidup.

·         I cannot live, I cannot die. Trapped in myself. Body my holding cell

Joe tidak hidup ataupun mati. Terperangkap dalam dirinya sendiri karena ia memiliki tubuh yg sama sekali tidak bisa dipakai bahkan untuk bertahan hidup. Hal itu menjadikannya seorang tahanan dalam tubuhnya sendiri.

·         Landmine has taken my sight. Taken my speech. Taken my hearing. Taken my legs. Taken my soul. Left me with life in hell

Ranjau darat telah mengambil kemampuannya melihat, berbicara, mendengar, memutus lengan-lenganya, kaki-kakinya. Mengambil jiwanya. Meninggalkannya hidup di  neraka. Lirik itu menggambarkan keadaan Joe Bonham di atas pembaringan.

http://radikalizm666.blogspot.com/

1 komentar:

  1. kayak catetan di FB saya ^,^
    gpplah di copy yg penting bermanfaat ...And Indonesia for All

    BalasHapus

Thanx 4 comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...